16 Tips Dari "61 Jalan Untuk Menjadi Pembicara
Terbaik"
Olivia Stefanino
Professional Speakers Association
1. Mantapkan kredibilitas Anda dan diri Anda sebagai
"penguasa" dari topik pembicaraan. Yakinkan bahwa Anda menguasai
topiknya. Jelaskan kepada audience mengapa mereka harus mendengarkan dan
percaya kepada Anda. Lakukan ini dengan tidak lebih dari tiga kalimat.
2. Pahamilah bahwa dengan persiapan yang cukup, Anda
menghargai audience Anda secara efektif. Anda seperti berkata "Anda semua
penting bagi Saya sehingga Saya memutuskan untuk meluangkan waktu mempersiapkan
ini semua." Mengatakan bahwa Anda tidak punya waktu untuk mempersiapkan
diri, atau meminta maaf di muka karena merasa tidak siap, adalah tindakan yang
ofensif, membuat Anda terlihat malas dan tidak profesional. Jangan meminta maaf
atas siap-tidaknya Anda.
3. Jika hal tak terduga terjadi, dan Anda merasa
gamang, maka gamanglah - tapi jangan ceritakan kepada audience. Anda tidak akan
mendapat simpati dari mereka; dan lagi-lagi, Anda akan terlihat tidak
profesional.
4. Jangan pernah, memulai pembicaraan dengan
mengatakan bahwa Anda gugup, atau bahwa Anda belum pernah melakukan hal ini
sebelumnya... Anda hanya akan menarik perhatian mereka ke hal-hal yang
semestinya tidak Anda perlihatkan. Percayalah, audience Anda akan segera mulai
mencari bukti-bukti untuk mendukung pernyataan Anda itu.
5. Bernafaslah! Gugup dapat membuat Anda berat
bernafas - yang tidak akan mendukung getaran dan proyeksi suara Anda. Segelas
air minum di dekat Anda akan bisa membantu. Dan kala Anda meneguknya, Anda
mungkin akan terlihat percaya diri.
6. Jadilah enerjik. Sebelum Anda bicara, Anda bisa
membayangkan bahwa audience sanga puas dengan presentasi Anda. Cara yang paling
mudah, bacalah lagi SMS-SMS yang menyenangkan di HP Anda.
7. Gunakan suara dari perut Anda dan bukan dari dada
Anda. Proyeksi suara Anda akan lebih baik. Anda hanya bisa melakukannya jika
Anda rileks. Dengan ini, Anda terdengar lebih percaya diri. Anda bisa melatih
ini - tentu saja di rumah - dengan menekan perut Anda ke tembok dan
berbicaralah dengan cukup keras. Anda akan merasakan bagaimana seharusnya.
8. Perhatikan makanan Anda sebelum berbicara. Para
pembicara, punya "manajemen MCK" mereka sendiri. Sehari sebelumnya,
jangan pernah makan pempek palembang super pedas misalnya. Jangan pula memakan
makanan yang buruk untuk suara, coklat atau gorengan misalnya.
9. Berdirilah saat bicara. Ini, dengan segera
membuat Anda merasa punya otoritas.
10. Duduklah di posisi yang dominan. Bukankah Anda
pembicaranya?
11. Ketahuilah bahwa kesan pertama sangat
diperhitungkan. Dan Anda, tidak akan mendapat kesempatan kedua untuk
melakukannya.
12. Berinvestasilah untuk pakaian dengan warna yang
paling cocok untuk Anda. Sepatu dengan jempol yang nongol menimbulkan kesan
kurang profesional, usahakan menghindari kaus kaki dengan warna putih atau
abu-abu. Mendingan hitam sekalian.
13. Berpakaianlah yang sesuai dengan pesan yang
ingin disampaikan dan sesuai pula dengan audience yang akan mendengarkan.
14. Jangan jadi Tony Blair! Gunakan deodoran atau
parfum yang tidak meninggalkan bercak pada pakaian Anda. Ini soal kecil, tapi
Tony Blair pun bermasalah karenanya.
15. Waspadalah bahwa berkomunikasi dengan orang lain
adalah lebih dari sekedar perkataan Anda. Faktanya, hanya 7% dari kata-kata
Anda yang "dianggap" orang. Sisanya, hanya dipahami dari tekanan
suara dan bahasa tubuh Anda.
16. Ingatlah bahwa pikiran utama audience Anda
adalah "apa yang bisa saya ambil dari sini?" Berikan jawaban ini saat
Anda memperkenalkan diri. Mereka akan menyorongkan badannya sampai ke pinggir
kursi untuk mendengar Anda.
smoga bermanfa'at__________
BalasHapusBUDAYAKAN UNTUK MENULIS KOMENTAR STELAH MEMBACA ARTIKEL............