“Barangsiapa menyeru kepada hidayah (petunjuk) maka ia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengerjakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa menyeru kepada kesesatan maka ia mendapatkan dosa sebagaimana dosa yang mengerjakannya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun”

Jumat, 02 Maret 2012

Dosa-Dosa Yang Dianggap Biasa (9)


محرمات استهان بها الناس يجب الحذر منها 
Penulis : As-Syeikh Muhammad bin Sholih Al- Munajjid. 


  9. MASUK MASJID SEHABIS MAKAN BAWANG MERAH, BAWANG PUTIH ATAU SESUATU YANG BERBAHU TAK SEDAP.

  Allah ta'ala berfirman :

] يا بني آدم خذوا زينتكم عند كل مسجد ...[
“ Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki Masjid ( Al A’raf : 31)
  Jabir tberkata, Rasulullah saw bersabda :

" من أكل ثوما أو بصلا فليعتزلنا أو قال : فليعتزل مسجدنا وليقعد في بيته "
  “Barangsiapa makan bawang putih atau bawang merah hendaknya ia menjauhi kami, atau beliau bersabda :hendaknya ia menjauhui mesjid kami dan diam dirumahnya” ( HR Al Bukhari, lihat Fathul Bari : 2/339)
 
  Dalam riwayat Muslim disebutkan:

" من أكل البصل والثوم والكراث فلا يقربن مسجدنا، فإن الملائكة تتأذى مما يتأذى منه بنو آدم"
  “ Barangsiapa makan bawang merah dan bawang putih dan bawang bakung maka janganlah mendekati masjid kami, sesungguhnya malaikat merasa terganggu dengan sesuatu yang anak Adam merasa terganggu dengannya” ( HR Muslim :1/395)

  Suatu ketika Umar bin Khathab ra berkhutbah Jum’at, dalam khutbahnya ia berkata :
  “…kemudian kalian wahai manusia, memakan dua pohon yang aku tidak memandangnya kecuali dua hal yang buruk (baunya) yakni bawang merah dan bawang putih. Sungguh aku melihat Rasulullah saw apabila mendapatkan bau keduanya dari seseorang dalam masjid, beliau memerintah orang tersebut keluar ke padang luas. Karena itu barangsiapa memakannya hendaknya mematikan (bau) keduanya dengan memasaknya” ( HR Muslim : 1/396)
  Termasuk dalam hal ini adalah mereka yang langsung masuk masjid usai bekerja, lalu ketiak dan kaos kaki mereka menyebarkan bau tak sedap.
  Lebih buruk lagi adalah orang-orang yang membiasakan diri merokok yang hukumnya adalah haram. Kemudian mereka masuk masjid dan menebarkan bau yang mengganggu hamba-hamba Allah, para malaikat dan mereka yang shalat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar