“Barangsiapa menyeru kepada hidayah (petunjuk) maka ia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengerjakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa menyeru kepada kesesatan maka ia mendapatkan dosa sebagaimana dosa yang mengerjakannya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun”

Minggu, 19 Februari 2012

Peradaban Islam Akan Bangkit !!!


Oleh; Nehrun 
            Haruslah diyakini bahwa Peradaban Islam yang pernah ada dan pernah jaya itu akan bangkit kembali dimasa yang akan datang. Untuk membangkitkan hal tersebut diperlukan kesadaran dari berbagai pihak terutama umat Islam dan para ulama itu sendiri (para intelektual dan pemikir).  Seperti kita ketahui peradaban Islam itu pertama kali muncul saat Zaman Nabi Muhammad SAW. Pertama kali muncul peradaban tersebut saat sang Nabi hijrah dari Mekkah ke Madinah saat itulah Islam mulai mengalami kejayaan. Saat itu muncul berbagai karya-karya, ide-ide dan konsep kenegaraan.
Bangkitnya kembali peradaban Islam ini, menurut hemat saya, tentu saja membutuhkan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Hal yang paling urgen adalah kesadaran umat Islam terhadap ilmu. dengan meningkatnya ilmu pengetahuan tersebut tentu saja akan membangun perekonomian yang baik, sekaligus punya posisi politik yang kuat. Selama ini kita kalah dengan peradaban Barat karena pendidikan kita kalah, ekonomi kalah, dan didominasi oleh barat.
Kita akui untuk membangkitkan kembali peradaban tersebut, dibutuhkan waktu yang lama dan juga harus ada usaha untuk merebutnya kembali. Yaitu harus ada kekuasaan ilmu. Kalau kita cepat sadar untuk meningkatkan ilmu pengetahuan maka akan cepat kita mengembalikan peradaban tersebut.

Keyakinan seperti ini akan muncul jika kita mempelajari kembali kejayaan peradaban islam masa lalu. Dahulu saja peradaban Islam muncul karena ilmu, belum ada teknologi.sehingga Islam diakui oleh Barat bukan hanya sebagai agama, tapi juga sebagai peradaban. Peradaban Islam itu sendiri bukan hanya ada tapi juga pernah berjaya. Bahkan Islam pernah meraih prestasi tertinggi.
Namun sayangnya, kebanggaan umat Islam terhadap peradaban Islam sendiri kini sudah hilang. Padahal Islam sudah berhasil membangun manusia-manusia yang luar biasa, pemimpin-pemimpin yang cerdas dan sholeh.

Peradaban Islam yang pernah jaya itu rusak tak hanya karena kebanggaan masyarakatnya yang kurang, tapi juga karena ulamanya yang rusak. Sumber kerusakan adalah ulama yang rusak. Kalau ingin mengembalikan peradaban Islam, kembalikan juga fungsi ulama.

Untuk membangkitkan kembali peradaban Islam, dibutuhkan kebangkitan ilmu dalam segala disiplinya, kebangkitan ulama dan juga kebangkitan Islam. Kalau tidak bangkit itu semua, maka tidak bisa bangkit peradaban Islam.

saat ini peradaban Islam sulit bangkit kembali, kalau kecintaan terhadap ilmu pengetahun tidak tumbuh, dan generasinya tidak mengingat kembali akan sejarah peradaban islam yang pernah Berjaya tersebut. sehingga pemahaman tentang peradaban islam hilang dan juga kebanggan terhadap peradaban Islam hilang.

Sebuah peradaban akan bangkit apabila didukung kuatnya tradisi ilmu pengetahuan di antara masyarakat yang mengharapkan kehadiran sebuah peradaban. kita mengaku sekarang ini mayoritas muslim merindukan kembali bangkitnya peradaban Islam seperti pada masa abad pertengahan. Kerinduan semakin menggebu ketika berhadapan dengan peradaban Barat yang mendominasi lini kehidupan.


  

6 komentar:

  1. wah..benar2 bakal jadi syaikhul islam neh..

    BalasHapus
  2. Falsafah (prinsip) kebangkitan yang hakiki adalah sebuah mabda' (ideologi) yang mengga­bungkan fikroh dan thoriqoh secara terpadu. Idiologi tersebut adalah Islam. Sebab, Islam adalah sebuah aqidah yang memancarkan sebuah sistem untuk mengatur seluruh urusan negara dan umat, dan mampu memecahkan seluruh masalah kehidupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bung insidewinme, spakat dah..........

      Hapus
    2. menurut hemat saya, Al Qur'an diturunkan untuk mengatur segala urusan ( al qadr ayat 4 ), dalam arti apapun bidang bisnisnya dan apapun bentuk organisasinya seperti : bidang ekonomi ( jasa-jasa pelayanan, industri-industri, distribusi,perdagangan-perdaganan,lembaga-lembaga keuangan ), bidang pendidikan, bidang hukum, bidang politik, bidang militer, pemerintahan dll,

      systemnya tertuang di al baqarah ayat 177 yg dalam hadist diformulasikan menjadi sebuah aliran proses bisnis yg kerangka kerjanya adalah : iman ( input ), islam ( transformasi ) dan ihksan ( output ), dimana :

      1) iman merupakan bentuk rencana bisnis atau rencana perusahaan atau rencana strategis yg harus sesuai dengan 6 rukun iman.
      2) islam merupakan tranformasi dari rencana bisnis sesuai dengan 5 rukun islam
      3) Ihksan merupakan output dari hasil transformasi bisnis dalam wujud produk dan layanan, yg sempurna ( seperti nol kesalahan, nol mubasir, nol kecelakaan, nol korupsi, nol komplain dll.

      untuk mencapai hasil produk dan layanan yg sempurna tentunya harus dihidupkan semangat amar ma'ruf dan nahi mungkar yg saya terjemahkan sebagai mengoptimalkan seluruh aktivitas yg memberikan nilai tambah dan menghilangkan seluruh aktivitas yg tidak memberikan nilai tambah yg ada disepanjang proses bisnis.

      sedangkan impementasinya ada di surat at taubah ayat 107 dan 108 yg menurut hemat saya, surat tersebut merupakan prinsip "good corporate government ",

      jadi kesimpulan saya :

      islam merupakan konsep manajemen menyeluruh yang terbaik yg pernah ada disepanjang peradaban manusia yg prinsip-prinsipnya tidak akan pernah berubah hingga ahkir zaman nanti.

      kalau umat islam sekarang menjadi umat terbelakang, jawabannya sederhana umat islam setelah terjajah berabad-abad tidak pernah lagi mengimplementasikan ( mengamalkan ) konsep tersebut.

      akan tetapi kemampuan mengamalkan konsep tersebut kembali saya sangat yakin umat islam akan mampu bangkit menjadi umat yang sangat produktif, sangat kompetitif yg mampu tumbuh disegala bidang secara dramatik dan signifikan menjadi umat yg terbaik, yg pada gilirannya akan ditolong Allah diteguhkan kembali kekuasaannya di muka bumi

      salam bangkit

      agusrwidodo@gmail.com

      Hapus
    3. terima kasih banyak buat bung Agusr Widodo, atas komentar dan gagasannya yg sangat luarbiasa...

      الإسلام دين كامك شامل

      Hapus